Tuesday 21 June 2016

Kuliah atau Kerja?



Hi guys. Feli di sini. Ini mungkin postingan blog pertama gua. Jujur, ini jelas merupakan pemikian terberat gua selama berbulan-bulan (Hahaha.. lebay deh.). Gua mikir, apa yang bakalan gua tulis. Ya, sama seperti yang namanya First Impression kalo kita ketemu temen baru. Jelas itu penting banget. Kalo lo kasih First Impression yang baik sama orang-orang, mereka bakal ngerasa ingin tau lebih banyak lagi tentang lo. First Impression itu jejak dan pandangan orang terhadap lo, yang lo kasih waktu pertama kali kalian bertemu (Udah macem cerita cinta aja yah?). Yap, yang jelas, yang namanya First Impression itu cuma sekali doang. Gua mau, blog gua kasih First Impression yang baik buat kalian.

OK. Balek lagi ke topik. Postingan pertama gua bakal ngebahas tentang dilema anak kuliahan di Medan. Berhubung gua juga
ada di Medan dan temen-temen gua suka banget bahas topik ini, gua mau berbagi lebih banyak ke kalian. Buat kalian-kalian yang baru tamat SMA, sebalum mikirin mau kuliah dimana, satu pertanyaan wajib: "Gua mau kuliah atau kerja yah?"
Gua ngerti banget kok dilema itu. Disatu sisi, lo pingin banget belajar tinggi-tinggi, jadi sarjana, dan dapet pasangan baik(eh...?). Tapi disisi lain, lo juga pengen ngeringanin beban orang tua yang uda ngebiayain lo sekolah dari kecil. 12 tahun dari SD sampek SMA aja uda cukup berat, dan kuliah itu bahkan lebih mahal lagi dari pada sekolah. Dan yang paling penting, lo mau cepet-cepet dapet uang sendiri. Kaaaaan????




Di Medan, ada satu istilah yang keren banget. Dari pada harus milih kuliah atau kerja, kenapa gak ambil dua-duaya aja?
Yah. 


Kuliah sambil kerja.


Sesuatu yang udah biasa dikalangan mahasiswa Medan. Salah satu senior gua yang dulunya tinggal di Jakarta bahkan pernah bilang, tingkat kehidupan di Medan itu cepet banget. Semua orang seakan enggak ada berhentinya sibuk. Semua hal mau dilakuin bareng-bareng. Salah satunya yah ini. Kulliah sambil kerja. Nampak aja anak-anak Medan semuanya pada gak sabaran. Ini bukti tingginya harapan dan cita-cita kami.

Walaupun namanya kuliah sambil kerja, tetep aja ada yang harus lo pilih. Pertanyaan yang sama kok. Loe mau jadi mahasiswa yang gimana?
  1. Mahasiswa yang fokus kuliah. Nah, mahasiswa tipe ini adalah mahasiswa yang konsisten. Dan kalo lo mau jadi mahasiswa yang ginian(eh?), lo juga harus konsisten. Lo harus tau kemana harus melangkah dan fokus. Tapi jangan salah, di Medan, kalau kamu memilih jadi mahasiswa jenis ini, pastinya lo harus dapet nilai yang super duper bagus di kelas lo. Pastikan IPK lo gak pernah rendah. Pastikan lo lulus dengan nilai yang membanggakan. Kontan aja, orang-orang pasti bakal bilang: "Lo uda gak kerja aja, seharian dirumah mulu, ngapain aja sih kok nilainya jelek mulu." Kalo kamu memang punya kesempatan buat kuliah doang tanpa kerja, manfaatin dengan baik. Cari tempat kursus atau bimbingan yang bisa lo ikutin supaya nilai lo bagus terus. Temen-temen sekelas gua sekarang banyak kok yang siangnya dipenuhin dengan kursus-kursus yang bakal menunjang mata kuliah kita, dan malemnya mereka rajin kuliah. Itu baru keren!
  2. Mahasiwa yang kuliah dan kerja. Memang sih namanya kuliah sambil kerja. Tapi tetep aja lo harus milih yang mana yang bakal lo prioritasin. Lo mau lebih fokus ke kerjaan, atau ke kuliahan. Lo musti sadar, mahasiswa itu masih manusia, kita gak bisa baik dalam segala hal!
Gua bakal jelasin lagi tentang konsep kerja sambil kuliah yah guys. Kalok ada yang mikir kalok kerjaan yang gua maksud itu sesuatu kayak jual sesuatu online, jualan pulsa, dan jaga toko atau ngajar les biasa, gua gak bilang lo salah. Tapi pada umumnya, jenis pekerjaan yang dilakukan itu adalah jenis kerjaan yang 7 to 4. Atau jam tujuh pagi sampai jam empat sore. Bahkan mungkin lebih dari itu. Pokoknya yang beneran kerja deh, bukan sekedar kerja sampingan.

Jadi kuliahnya kapan?
Semua waktu kuliah dipadetin ke sekitar jam 5 sampai jam 10 malam. Makanya tadi gua bilang, lo tetep harus memilih. Lo gak mungkin dong ekspektasi seseorang yang kerja dari pagi sampek sore dan kuliah sore sampek malem bakal punya nilai yang sama dengan orang yang seharian belajar mulu. Kecuali otaknya encer banget(Pokoknya gua enggak).

Wait, kok gua jadi curhat gini sih? Sekalian beneran curhat aja yah?

Gua sendiri salah satu dari mahasiwa yang milih konsep kerja sambil kuliah. Hidup ini berat bro. Nilai bukan penentu masa depan kita kan? Gua milih buat tetep kerja (carik pengalaman dan carik uang pastinya) dan tetep kuliah semampu gua. Tolong Italic, Underline, dan Bold kata "SEMAMPU". Yah, dari awal gua milih jalan ini, gua uda tegaskan ke orang tua, tentang ketidakmampuan gue sebagai manusia (esseeeeh). Gua percaya, selain ijazah, pengalaman kerja juga bisa jadi penunjang karir gua dimasa depan nanti.

So, buat kalian-kalian yang memang sedang kuliah dan mikir buat carik kerja atau enggak, juga buat kalian yang baru tamat SMA dan mikir mau gimana, tolong deh pikirkan jalan kalian bagus-bagus. Yang jelas, kalau kamu pilih fokus kuliah, usahakan lo dapet nilai bagus yang bisa lo banggain ke papa dan mama lo. Dan kalau lo milih buat kerja dan kuliah barengan, usahakan jangan terlalu membebani orang tua lagi persoalan biaya kuliah dan uang jajan lo. Jalan yang lo pilih mengharuskan lo buat mandiri bro!

Hidup itu pilihan, kita gak pernah bisa untuk tidak memilih.
Yang jelas, pilihlah dengan tepat dan tetap pertanggung jawabkan pilihan lo.



Note:
Ok guys.
Itu doang postingan gua hari ini. Tolong like dan comment yang kalau kalian suka.
See you...
Salam, FelicLicia


No comments :

Post a Comment