Monday 29 August 2016

LOVE ain't Simple


Buat seseorang seperti gua yang gemar baca dari kecil, kisah pertama yang gua baca adalah salah satu kisah disney princess. Makanya sejak gua kecil, gua suka banget sama cerita-cerita disney yang dibacain buat gua, ataupun yang gua baca sendiri.


Ada kisah tentang seorang putri cantik nan jelita yang hidup dibawah pengawasan ibu tiri yang jahat. Hingga suatu hari, seorang peri ajaib membawanya kesebuah pesta dansa kerajaan. Disana ia bertemu dengan seorang pangeran tampan yang langsung jatuh hati. Setelah melewati berbagai tantangan, akhirnya mereka hidup bahagia selamanya. Happy ending.

Ada juga kisah tentang seorang putri cantik yang disaat pesta memperingati kelahirannya, dikutuk oleh seorang peri jahat. Ia tertidur sangat lama sejak ia berumur 16 tahun hanya karena jarinya tertusuk jarum pintal. Suatu hari, ada pangeran yang mendengar tentang kecantikan putri tersebut. Ia rela melewati semua tantangan demi melihat putri cantik itu, lalu membangunkannya dengan sebuah ciuman. Mereka lalu hidup bahagia selama-lamanya. Happy ending.

Gua gak bakal kelamaan mendongeng kok. Itu cuma contoh cerita yang pernah gua baca dulu. Nanti bakalan ada postingan lain yang khusus buat ngebahas makna disney yang sesungguhnya buat gua. Tapi itu nanti yah. Sekarang cukup ini aja.


As time goes by, kegemaran membaca gua beranjak ke baca manga (komik Jepang). Ya, gua masih enggak bener-bener ngelepas kesenengan gua baca cerita disney kok sampe skarang. Tapi buat gua saat itu, gua bener-bener dihanyutkan oleh gambar hitam putih berdialog di manga-manga. Buat sesaat, gua dikagumkan oleh cerita kucing yang punya kantong ajaib, hamster yang imut-imut, bahkan sampe bebek yang bisa ngomong.

Gua gak bakalan selamanya baca manga anak-anak gitu dong. Gua akhirnya mulai beranjak ke manga shoujo. Buat kalian yang gak tau, manga shoujo itu manga yang bertemakan cinta remaja yang ringan. Kebanyakan manga nya juga enggak panjang-panjang amat. Manga shoujo sering dikaitkan dengan manga bacaan cewe. Memang penggemar shoujo itu kebanyakan cewe sih. Karena lebih imajinatif dengan kisah cinta-cintaan anak SMA yang cute and sweet.

Kegemaran gua baca manga shoujo gak ilang sampe gua SMA. Yah, gua masih suka banget mikir kalo cinta itu akhirnya akan berakhir bahagia. Sama seperti happily ever after yang tertulis di akhir semua kisah-kisah disney, atau pun akhir-akhir bahagia yang gua baca di manga-manga shoujo.

Segalanya berubah saat gua dihadapkan dengan suatu situasi yang pada dasarnya selalu mengubah cara pandang seorang gadis.

P-A-T-A-H
H-A-T-I


Sebagai seorang cewe yang percaya kalo cinta selalu berakhir bahagia, gua waktu itu bahkan enggak nyoba buat jagain hati gua. Waktu seseorang datang dan ngambil itu, gua sama sekali enggak nolak. Orang bilang, gua terlalu banyak baca kisah romantis sampe gua enggak ada curiga-curiganya sama sekali.

And BOOM!
Gua berakhir patah hati. Patah hati pertama gua. Gua gak mau nulis lebih lanjur tentang itu berhubung itu nyakitin banget.

Patah hati itu seakan buka mata gua buat sesaat kalo gak semua orang bisa dipercaya. Enggak. Gua enggak bakalan bilang kalo semua cowo itu sama. Karna nyatanya sama seperti setiap wanita pasti beda, cowo juga pasti beda-beda.

Setelah patah hati pertama, gua udah mulai punya usaha buat jagain hati gua baik-baik. Buat enggak ngebiarin itu disakitin lagi. Kenyataannya, gua memang bego. Lama setelah patah hati pertama gua, I let my guard down. Dan kali ini, patah hati yang gua rasain bahkan lebih berat lagi.

Yah, biar gua ngomong sekali lagi.
Gua memang super duper bego waktu itu. Masalahnya adalah gua masih super duper bego sampe hari ini. Tapi at least, gua berusaha buat memperketat penjagaan hati gua.

Udah deh, gua gak mau ngomongin patah hati gua.

Kok malah jadi curhat gini sih?

Back to topic.
Sejalan dengan gua bertambah tua, gua jadi sadar kalo cinta tidaklah sederhana. Cinta tidak sesederhana "Gua suka sama lo", "Gua sayang sama lo" atau "I love you".
Enggak.
Cinta enggak sesederhana seorang pangeran yang jatuh hati pada seorang putri nan jelita.
Cinta enggak sesederhana menyatakan cinta dan jadian.

Semakin kita bertambah dewasa, cara kita ngeliat cinta juga terus berubah. Sekarang gua mungkin baru sembilan belas tahun. Gua yakin, bertahun-tahun ke depan, cara gua melihat dan memaknai cinta juga pasti bakalan beda. Cara gua mengenali cinta juga pasti bakalan berubah. Tapi buat sekarang gua yakin, cara gua memandang cinta udah beda banget dibandingkan dengan yang gua rasain waktu gua masih SMA.

Gua sekarang sadar kalo cinta itu sesuatu yang serius dan butuh proses. Gua pernah baca entah dimana, kalo cinta itu sama aja mempercayakan hati lo ditangan seseorang, memberinya sebuah wewenang penuh buat milikin hati lo dan menghancurkannya kalo dia mau. Masalahnya, walaupun lo udah ngebiarin dia ngancurin hati lo, lo percaya kalo dia gak bakal ngelakuin itu.

Hati itu bukan mainan. Makanya kita harus memilih dengan tepat tangan yang akan menggenggamnya, tangan yang bisa kita percayai, tangan yang kita yakinin. Makanya sebelum kita memilih buat jatuh cinta, kenali dulu siapa dia, siapa yang bakal menggenggam hati lo. Memang butuh waktu lama dan proses panjang, tapi kalo lo yakin dia pantas untuk diperjuangkan, kenapa enggak memulai semuanya bersama?

Cinta memang perlu banyak usaha dan keberanian, cinta juga punya risiko yang gak kecil, tapi kalo lo udah bertemu dengan orang yang tepat, gua yakin dia pasti orang yang pantas buat lo perjuangkan. Temen gua pernah bilang, cinta itu ibarat coklat, lo gak tau apakah itu pahit atau manis waktu lo makan, toh warna black chocolate sama original chocolate juga gak beda jauh kan? Tapi lo simply tau dan yakin kalo itu manis karena bungkusannya bertuliskan demikian.


Gua rasa, cinta gak pernah sesimple menilai sesuatu dari kemasannya, cinta juga enggak sesimple manis dan pahit. Lo juga gak bisa percaya kalo dia cowo baik cuma karena dia bilang kalo dia cowo baik.

Cinta lebih dari semua itu, cinta artinya membiarkan hati lo dilukai, disakiti, diinjak-injak, bahkan dibuang oleh seseorang, but you'll still love him anyway.

Ingat!
Luka dihati gak bisa disamain sama luka fisik loh. Luka dihati membekas dan butuh waktu lama buat nyembuhin itu semua. Luka itu juga nantinya bakalan memperngaruhi jalan hidup lo selanjutnya, luka itu juga bakal memperngaruhi hubungan lo di masa depan. Makanya kita harus bener-bener yakin kalau kita udah milih orang yang pantas diperjuangkan walaupun kita harus mempertahankannya dengan semua luka yang kita punya.

Gua memang udah enggak percaya kalo peri itu ada, kalo mantra yang buat putri tertidur itu ada, kalo pangeran berkuda putih masih ada sampe sekarang. Tapi gua percaya kalo cinta, seorang pria yang tepat, jadi tua bersama dan happily ever after itu ada.

Gua hanya perlu nyarik my own kind of magic, my own kind of love, my own kind of happily ever after, and my true love.

Gua kagum baget sama orang-orang yang berhasil mempertahankan hubungan mereka sampe lama. Gua juga kagum sama nenek-nenek dan kakek-kakek yang masih memancarkan cinta dari mata mereka saat mereka berpandangan. Gimana bisa dua orang yang sangat berbeda, dengan kepribadian yang pastinya beda, dengan latar belakang keluarga yang beda, dengan kegemaran dan hobi yang beda, cara pandang yang beda, two totally different person, bisa menemukan persamaan diantara mereka, membuat semua perbedaan itu semakin membuat mereka dekat. Kuncinya cuma satu.

Cinta.

So, don't you think love is amazing?

Love aint simple, it's more than that.



Salam, Felicia



No comments :

Post a Comment